Tuesday 24 March 2015

Cara Melukis dengan Cat Minyak

Anda ingin melukis lukisan yang indah dan ekspresif dengan cat minyak? Inilah beberapa hal dasar untuk menuntun Anda ke dalam indahnya dunia lukisan. Setelah Anda menguasai teknik dasarnya, dunia adalah kanvas Anda!

Metode 1 dari 4: Memulai

  1. Oil Paint Step 1 Version 2.jpg
    1
    Pilih cat Anda. Bahkan sebelum Anda mempertimbangkan untuk melukis, Anda harus memiliki cat minyak terlebih dahulu. Meskipun ada lusinan merk cat minyak di pasaran, jangan terpengaruh harga yang murah. Membeli cat murah, namun kualitas yang rendah akan membuat Anda kesulitan dalam melukis, merasa bosan, dan putus asa. Menghabiskan uang sedikit lebih banyak akan membuat lukisan Anda hanya memerlukan satu kali pengerjaan, bukan dua atau tiga kali dengan pengerjaan dan daya campur yang yang lebih baik.
    • Warna-warna paling mendasar yang harus Anda miliki adalah: kuning kadmium, kuning oker, merah kadmium, merah alizarin, biru laut, putih titanium, dan hitam mars. Anda bisa menggunakan campuran dari warna ini untuk menciptakan warna lain yang ada di roda warna.
    • Anda akan menemukan bahwa warna putih merupakan warna yang paling cepat habis, jadi belilah setabung cat putih yang lebih besar, sedangkan warna lain dengan ukuran tabung yang lebih kecil.
    • Hindari membeli cat untuk “pelajar”, meski hal ini terlihat sangat baik, tapi sebenarnya menawarkan kualitas yang paling rendah. Juga hindari membeli cat yang sepaket bersama kuas, karena kuasnya merupakan kuas yang memiliki kualitas rendah pula.
    Iklan
  2. Oil Paint Step 2 Version 2.jpg
    2
    Lengkapi peralatan lainnya. Pelukis pemula sering terjebak dalam situasi menghindari membeli beberapa bahan dan peralatan untuk menghemat. Ketika ini merupakan latihan yang serius, ada beberapa hal dasar yang harus Anda miliki agar bisa menikmati melukis dengan mudah.
    • Pilihlah beberapa kuas dasar dengan kualitas tinggi. Anda tindak perlu memiliki banyak kuas untuk memulai, tapi belilah beberapa. Dimulai dengan ukuran bulat, datar, dan kuas bulu.
    • Kuas sintetis terbuat dari bulu yang sangat lembut dan bagus, sedangkan kuas dengan bulu alami sedikit lebih kasar. Gunakan kedua teknik melukis yang berbeda ini.
    • Anda juga membutuhkan pisau palet untuk mencampur warna, palet untuk melukis, papan kanvas atau kain kanvas, dan kain bekas untuk membersihkan kuas.
    • Cat minyak sangat kental ketika baru dikeluarkan dari tabungnya, dan harus dicairkan untuk lapisan pertama menggunakan spiritus putih atau terpentin, dan campurkan minyak biji rami dan minyak poppy untuk lapisan selanjutnya. Gunakan prinsip “Tebal di atas yang tipis”, dan ini akan mencegah terjadinya pisahnya lapisan.
    • Peralatan tambahan lainnya seperti papan kuda-kuda untuk kanvas atau meja untuk menggambar, sebuah celemek, kain untuk mebersihkan tetesan, dan kotak khusus untuk menyimpan semua peralatan Anda.[1]
  3. Oil Paint Step 3 Version 2.jpg
    3
    Siapkan ruang kerja Anda. Karena melukis menggunakan cat minyak memerlukan banyak peralatan, Anda juga membutuhkan ruang yang luas juga. Siapkan tiang kuda-kuda atau meja di wilayah yang terbebas dari jalur di mana orang banyak berjalan dan terkena sinar matahari langsung, jika memungkinkan. Jika Anda memilikinya, letakkan kain di bawah untuk melindungi lantai Anda dari tetesan cat minyak.
    • Cat minyak bisa menyebabkan aroma yang tajam, jadi pastikan ruangan Anda memiliki saluran udara yang baik dengan jendela dan pintu yang terbuka.
    • Jika Anda menggunakan tiang kuda-kuda, letakkan dengan cara yang benar. Atur posisi duduk dan sudut kemiringannya. Pastikan Anda bisa duduk dengan nyaman ketika Anda sedang melukis, tidak kesulitan.
    • Gunakan pakaian lama Anda yang telah terkena cat untuk melindungi pakaian Anda yang masih bersih dan kulit Anda. Cat minyak terkenal karena sulit untuk dibersikan, jadi pastikan Anda mengambil langkah mencegah sampai Anda terkena noda cat minyak.
    • Jika Anda mempunyai rambut yang panjang, ikatlah menjadi kuncir ekor kuda, atau gelunglah untuk memastikan rambut Anda tidak terjatuh dalam cat. Lepaskan cincin atau gelang yang Anda kenakan.

Metode 2 dari 4: Memberi Nilai pada Lukisan Anda

  1. Oil Paint Step 4 Version 2.jpg
    1
    Membuat sketsa kasar. Gunakan pensil untuk menciptakan garis tipis. Anda juga bisa langsung melakukannya di atas kanvas atau diatas kertas terlebih dahulu, kemudian dipindahkan menggunakan kertas karbon. Ketika Anda menggambar subjek Anda, pikirkan komposisi dan penggunaan ruang negatif.
    • Komposisi adalah penyusunan dari gambar di atas kanvas. Pilih peletakkan terbaik sehingga mata tertuju pada kanvas secara menyeluruh, daripada berlama-lama pada satu tempat yang sama.
    • Ruang negatif adalah ruang yang berada di sekitar objek. Jika Anda menggunakan objek dari dunia nyata dan menggambarkannya di atas kanvas, gambarlah ruang yang sulit dengan lebih memperhatikan ruang-ruang disekitar objek daripada objek itu sendiri. Pertimbangkan dengan apa Anda ingin mengisi ruang negatif untuk membuat objek menjadi lebih terlihat.
    • Tambahkan lapisan yang tumpang tindih, karena ini akan memperdalam komposisi Anda. Jika subjek Anda tidak memiliki bentuk yang tumpang tindih, pertimbangkan untuk menatanya ulang. Hal ini akan membuat lukisan Anda terkesan lebih nyata.
  2. Oil Paint Step 5 Version 2.jpg
    2
    Tentukan sumber cahaya. Untuk menciptakan lukisan yang terlihat nyata, Anda harus memiliki bagian terang dan gelap yang jelas. Amati subjek kalian dan temukan dari sudut mana cahaya datang. Dan di mana bayangan jatuh dan bagian yang terkena sinar berada.
    • Semua cahaya akan menciptakan bayangan, tetapi jika ia jatuh melewati subjek akan sangat sulit melihatnya. Coba pindahkan sumber cahaya Anda supaya bayangan dan area yang tersinari lebih terlihat jelas.
    • Anda mungkin tidak menemukan bayangan yang sangat gelap atau bagian yang tersinari amat terang. Faktanya, Anda mempunyai tingkatan warna yang sangat dekat satu sama lain. Jangan terlalu terpaku ketika sumber cahaya Anda tidak menciptakan bayangan dan wilayah terang dengan sangat terang.
  3. Oil Paint Step 6.jpg
    3
    Pertimbangkan warna Anda. Untuk beberapa pelukis, Sangat sulit mencocokkan warna subjek mereka dengan warna yang mereka campurkan. Hal ini karena otak menyediakan pemahaman tersendiri mengenai warna; jika Anda melihat langit itu biru, maka Anda mecampurkan cat berwarna biru, hanya untuk menyadari bahwa cat lebih terang dan berwarna dibandingkan langit yang sesungguhnya. Caranya adalah dengan melewati pemahaman warna yang ada di otak kita, dan mengamati warna sesungguhnya. Hal ini akan mempercerah lukisan Anda.
    • Lukisan pada saat malam hari akan terlihat lebih gelap dibandingkan lukisan pada saat siang hari, yang lebih terang.
    • Periksalah warna dari cahaya; pada saat siang yang terik, subjek Anda akan terlihat bersinar keemasan. Pada saat hari mendung, cahaya terpancar melewati awan yang memberikan warna keabu-abuan—seperti juga papan lampu neon dan lampu dengan cahaya berwarna—juga mempengaruhi warna subjek Anda.
  4. Oil Paint Step 7.jpg
    4
    Amati pergerakkan subjek Anda. Apakah lukisan Anda masih bisa terlihat hidup jika tidak ada gerakan? Atau apakah padang rumput di hari yang berangin, menciptakan banyak gerakan? Memperhatikan gerakan dari subjek sangat penting untuk merencanakan olesan kuas. Lukisan yang nyata menggunakan olesan kuas yang menciptakan gerakan, atau sebaliknya. [2]

Metode 3 dari 4: Ciptakan Karya Terbaik Anda

  1. Oil Paint Step 8.jpg
    1
    Campurkan cat Anda. Cat minyak memerlukan beberapa hari untuk mulai mengering. Namun, hampir tidak mungkin mencampurkan cat Anda sebanyak dua kali namun menghasilkan warna yang sama persis, jadi campurkan cat Anda ke dalam tempat yang besar dan jagalah selama proses melukis sehingga Anda memiliki cukup cat minyak yang memiliki warna yang tepat.
    • Gunakan roda warna untuk menentukan warna yang ingin Anda campurkan. Roda warna menunjukkan warna primer, sekunder, dan tersier dan bagaimana menciptakannya.
    • Warna murni merupakan warna yang belum dicampurkan baik dengan warna putih maupun hitam. Anda bisa mencampurkan warna primer untuk mendapatkan warna sekunder.
    • untuk membuat warna, tambahkan warna putih. Ini akan mencerahkan warna dan membuatnya menjadi warna pastel.
    • Untuk membuat bayangan, tambahkan warna hitam pada cat warna apapun.
    • Untuk membuat gradasi warna, tambahkan putih pada bayangan (semua warna yang ditambahkan warna hitam). Gradasi warna paling sering digunakan, karena hal ini mewakili warna yang paling sering kita jumpai sehari-hari.
  2. Oil Paint Step 9.jpg
    2
    Memulai melukis. Anda bisa memilih apapun teknik melukis yang Anda sukai, apakah dengan melukis semua permukaan kanvas atau membuat lapisan-lapisan diatas kanvas. Ketika melukis menggunakan cat minyak, gunakan teknik kental diatas cair dengan menggunakan cat cair sebelum menimpanya menggunakan cat kental.
    • Cobalah menggambar subjek dasar. Semua benda terbentuk dari bentuk-bentuk dasar: kotak, kerucut, tabung, dan lingkaran. Lukis bentuk-bentuk dasar ini menjadi subjek nyata, seperti kotak atau jeruk, atau menggambar bentukan datar dari setiap bentuk itu.
    • Untuk mencairkan cat Anda, gunakan campuran tingkat menengah (minyak biji rami atau terpentin) pada cat Anda. Jangan gunakan terlalu banyak ketika memulai, tapi gunakan bertahap sampai Anda mendapatkan tingkat kekentalan yang Anda inginkan.
    • Membutuhkan tiga hari untuk lapisan lukisan cukup kering agar bisa menambahkan lapisan selanjutnya diatasnya, jadi bersabarlah dalam menunggu lukisan Anda hingga kering.
  3. Oil Paint Step 10.jpg
    3
    Cobalah teknik yang berbeda. Ada lusinan cara untuk menyempurnakan lukisan Anda, tapi mempelajari semuanya sebagai pemula akan terdengar luar biasa. Sebaliknya, fokuslah memilih beberapa teknik untuk digunakan bersamaan.
    • Cobalah campurkan cat Anda. Ini merupakan proses di mana Anda perlahan menggabungkan dua atau lebih warna yang berbeda (bayangkan matahari terbenam). Untuk melakukan ini, tambahkan lapisan cat berdekatan satu sama lain diatas kanvs. Lalu, gunakan kuas datar untuk memperhalus catnya bersamaan, menghasilkan warna yang sesuai.
    • Cobalah buat lapisan bening. Ini adalah ketika Anda menggunakan 1/3 minyak biji rami, dan 1/3 minyak terpentin, dan 1/3 pernis untuk menciptakan warna bening. Anda bisa menggunakan berbagai campuran warna untuk membuat warna yang terlihat tembus pandang diatas cat yang telah mengering. [3]
    • Gunakan titik-titik kecil. Gunakan kuas bulu alami (kuas yang kering jauh lebih bagus), dan tekan secara vertikal pada kanvas Anda. Anda bisa membuat sosok yang lebih buram dengan menggunakan pola titik-titik.
    • Cobalah menggunakan pisau palet untuk melukis. Teknik ini sangat cocok untuk menciptakan permukaan dan pergerakan pada kanvas Anda. Ambil sedikit cat menggunakan ujung dari pisau palet, dan goreskan pada kanvas untuk menciptakan lapisan tipis pada lukisan.

Metode 4 dari 4: Selesaikan Lukisan Anda

  1. Oil Paint Step 11.jpg
    1
    Perbaiki semua kesalahan. Anda memiliki waktu kurang lebih tiga hari (ketika cat minyak masih basah di atas kanvas Anda) ketika Anda mengubah kesalahan atau menghapusnya secara menyeluruh menggunakan kain. Sebelum Anda memutuskan bahwa lukisan Anda telah selesai total, pastikan jika perlu dilakukan perubahan.
  2. Oil Paint Step 12.jpg
    2
    Simpan cat yang tidak terpakai. Jika Anda memiliki banyak cat tersisa diatas palet Anda yang belum terpakai, simpanlah untuk lukisan Anda selanjutnya. Pindahkan ketempat yang kecil atau tetap di palet dan bungkus dengan pembungkus.
  3. Oil Paint Step 13.jpg
    3
    Cucilah kuas Anda. Cat minyak akan merusak kuas Anda jika Anda membiarkannya mengering, jadi cucilah kuas Anda segera setelah digunakan. Gunakan terpentin dan kain bekas untuk membersihkan sebanyak mungkin cat minyak yang tersisa dan rendam ke dalam air hangat selama beberapa lama menggunakan sedikit cairan pembersih, Anda bisa oleskan kuas ditangan Anda untuk memastikan semua cat sudah menghilang. Simpan kuas bersih, didalam botol atau gelas dan biarkan mengering. Pastikan kuas mendapatkan udara hingga ia kering: Simpan kuas Anda di ruang terbuka—di atas lemari atau meja, jangan di dalam lemari tertutup atau laci.
  4. Oil Paint Step 14.jpg
    4
    Tunggu. Untuk cat minyak bisa mengering secara sempurna membutuhkan waktu selama 3 bulan, bahkan lebih jika lukisan Anda memiliki banyak lapisan cat yang kental. Letakkan lukisan Anda dimana tidak dapat diganggu atau dirusak orang dan biarkan udara mengeringkannya.
  5. Oil Paint Step 15.jpg
    5
    Berikan lapisan pernis. Ketika lukisan Anda telah selesai mengering, tambahkan lapisan pernis untuk melindungi dan menjaga warna. Ketika pernis pelindung mengering, Anda telah selesai! Pajanglah kreasi Anda yang indah agar semua orang bisa melihatnya!

Tips

  • Hitam pekat sangat sulit mengering: hindari menggunakannya sebagai lapisan paling awal.
  • Hindari menggunakan minyak biji rami untuk mencerahkan warna: Warna Anda akan cepat menguning.
  • Untuk membersihkan cat dari tangan Anda: gunakan minyak telon ataupun minyak zaitun. Tuang sedikit minyak telon ke kain dan usapkan pada tangan Anda. Jangan cuci tangan Anda sebelum minyak terlepas, atau cara ini tidak akan bekerja. Cat minyak bisa terlepas dengan mudah ketika dibersihkan juga menggunakan minyak, dan ketika minyak telah terlepas semua, barulah cuci tangan Anda menggunakan sabun dan air.
  • Untuk mencegah palet cat minyak mengering, apungkan di atas air atau masukkan dalam freezer.

Peringatan

  • Jauhkan cat dan campuran (media) jauh dari mata Anda dan kulit yang peka. Jika terkena mata Anda, bilas dengan air bersih selama paling tidak dua menit. Lebih bagus jika Anda menggunakan gelas pembersih mata atau alat pembersih mata. Jika tidak memilikinya, Anda bisa gunakan gelas kecil dan biarkan air keran mengalir pelan melewati mata Anda. Sangat penting untuk membilas zat kimia yang masuk dengan air yang banyak untuk mengurangi dampak yang akan terjadi pada mata Anda yang sensitif.
  • Bahan pengencer mungkin akan bereaksi pada kulit yang sensitif. Cucilah kulit yang terkena berkali-kali dengan sabun dan air hangat, dan bilas berkali-kali. Jika kemudian timbul gejala alergi, konsultasikan kepada pelayanan kesehatan atau tenaga ahli dan ikuti saran yang diberikan.
  • Bahan pengencer dan campuran minyak sangat mudah terbakar. Jika tersedia, simpanlah bahan kimia ini di dalam tempat yang telah dianjurkan. Dalam situasi ini, Anda perlu menyimpannya ditempat yang tertutup. Hal ini termasuk cat yang telah “dicampur” dengan zat-zat mudah terbakar ini dan kain yang Anda gunakan untuk membersihkan selama melukis.
  • Cat minyak dan bahan campurannya mungkin dikelompokkan dalam bahan berbahaya di daerah Anda. Buanglah dengan cara yang benar. Ketahui dan ikutilah peraturan nasional, daerah, dan setempat.

0 comments:

Post a Comment